IAILM Selenggarakan Ziarah Wali Songo 2019

Tasikmalaya, Suryalaya (10/01/2019), menutup akhir perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2018/2019, kampus IAILM Suryalaya Tasikmalaya kembali selenggarakan agenda rutin tahunan wisata religi berupa ziarah Wali Songo tahun 2019.

Direncanakan rombongan wisata religi kampus akan melakukan ziarah wali songo selama lima hari kedepan dari tanggal 12-16 Januari 2019. Sementara rute  tujuan tempat wisata religi dimulai dari Suryalaya, Cirebon, Demak, Kudus, Muria, Tuban, Surabaya, Madura, dan berakhir di Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa IAILM Suryalaya Tasikmalaya semester II (Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, dan Fakultas Dakwah). Selain itu, ikut pula beberapa dosen tetap, unsur pimpinan lembaga, fakultas, dan prodi yang sekaligus terlibat sebagai panitia penyelenggara.

Ketua panitia, Dr. H. Jamaludin, M.Ag (Dekan Fakultas Syariah) berharap besar bahwa dengan adanya kegiatan wisata religi yang tahun ini diisi melalui ziarah wali songo dapat menghasilkan beberapa output, diantaranya: pertama, dapat lebih memperkuat ukhuwah silaturahmi antara civitas akademiki IAILM Suryalaya dengan para ikhwan yang tepat berdomisili di tempat ziarah sebagai koordinator wilayah perwakilan (korwil) TQN Suryalaya Tasikmalaya. 

Kedua, sebagai ajang observasi bagi mahasiswa baru dalam hal mengenal situs sejarah secara langsung tentang penyebaran dan perkembangan ajaran Islam yang disebarkan para wali; ketiga, melacak literasi karya-karya ulama nusantara di Indonesia;  dan keempat, upaya penguatan amaliah TQN Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya dalam praktikum mata kuliah Tasawuf dan Tarekat.

Semoga rombongan ziarah wali songo IAILM Suryalaya tahun 2019 senantiasa ada dalam perlindungan-Nya serta mendapatkan keberkahan bagi kita bersama, amin.

Muhamad Dani Somantri

Kami mengharapkan partisiipasi komentar anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *